TITIAN SALAF

"Syiarkan Sunnah, Kikis Bid'ah". Mencukupkan Diri Dengan Al Qur'an dan Sunnah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam Dengan Mengikuti Pemahaman Generasi Terbaik Para Sahabat Radhiyallahu’anhum

Breaking

Sabtu, 22 Januari 2022

Fiqh Ringkas Puasa Ramadhan (Bag. 1)


Definisi Puasa:

Menahan  diri  dari  makan, minum, bersetubuh dan perkara-perkara lain yang membatalkan  puasa  dari  terbit fajar  sampai  terbenam  matahari dengan  niat  ibadah.

Waktu Puasa:
Menahan dimulai  dari  azan subuh sampai  lingkar  matahari benar-benar  terbenam.

Niat Puasa:
Niat  puasa  mesti  dihadirkan (dalam  hati  tanpa  diucapkan) kapan  saja waktu malam  hari.
Catatan; Pendapat  Mayoritas  (Jumhur);  harus  berniat  setiap  hari.  Bangun  sahur  pada  malam  hari  dianggap  sebagai  niat.  Imam  Malik  &  satu  riwayat  oleh  Imam Ahmad: satu  niat untuk  seluruh  Ramadhan,  tapi  jika  seseorang  berbuka/membatalkan  puasa  karena  bepergian  atau  mens,  maka  dia  harus  memulai  niat  baru  setelah  keringanan  untuk tidak   berpuasa  selesai.

Hukum Puasa Ramadhan:
Puasa  adalah  rukun  Islam  ke 4 dan hukumnya  wajib. Dalilnya  terdapat  di  dalam  Al Qur’an,  Sunnah and  ijma’.

Mengingkarinya  adalah kekufuran karena pengingkaran terhadap  Al Qur'ān.

Mulai diperintahkan Puasa Ramadhan:
Puasa Ramadan diperintahkan pada tahun ke  2 Hijriyah.  Sedangkan Nabi  Shallallahu Alaihi Wasallam puasa  Ramadan sebanyak 9  kali.

Menentukan awal Ramadhan:
Bulan Ramadhan  dimulai  dengan  :
1. Melihat  bulan sabit  (hilal)  Ramadhan,  atau  
2. Menggenapkan bulan  Sya’ban  30  hari.

Diperlukan  1  saksi  untuk  membenarkan  penampakan hilal Ramadhan  dan  2  saksi  untuk  bulan Syawal.

Saksi  harus  baligh,  berakal  dan  terpercaya  baik  laki-laki  atau perempuan.

Menggunakan perhitungan (hisab falaki) untuk permulaan  atau akhir  Ramadhan  tidak diperbolehkan. Hal ini berdasarkan ijma ulama. Ibnu  Taimiyah  menyebutkan  ijma’  ulama  di  dalam  Majmu'  Alfatawa  (25/132-133)

Boleh  menggunakan  teropong  atau  teleskop  untuk melihat bulan  tapi  tidak  boleh menggunakan satelit.

Setiap negeri  memiliki  penampakan  bulan sendiri.
Catatan; Jumhur  ulama  termasuk  Abu  Hanifah  dan  Imam Ahmad  berkata: melihat  bulan  di  satu  negeri   maka  wajib  bagi  semua  Muslim  untuk  berpuasa.  Sementara  Imam Syafi’i, beberapa  salaf  dan  Ibnu  Tamiyah  mengatakan  bahwa  jika  satu  negeri  melihat  bulan,  maka  bukan  kewajiban  bagi  orang  lain  sampai  mereka  mengamatinya  sendiri. Mereka  berpendapat  dengan  hadits  Kurayib  Radhyallahu'anhu dalam  HR  Muslim ketika  dia  datang kepada  Muawiah  Radhyallahu'anhu  di  Syam  dan  mereka  berpuasa  di hari  Jum’at,  ketika  dia  kembali ke  Madinah  Ibnu  Abbas  Radhyallahu'anhu  berkata  padanya:  Kami  berpuasa  pada  hari  Sabtu.  Kurayib  berkata:  kalian  tidak  berpuasa  dengan  Muawiah?  Ibnu  Abbas Radhyallahu'anhu berkata:  kami berpuasa  ketika  kami  melihat  bulan  atau  menggenapkan  bulan  30  hari.  Hal  ini  sebagaimana  Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam memerintahkan  kepada  kami.

Tidak  boleh  puasa  (pada  hari  Syak)  30  Sya'ban apabila  bulan/hilal  tidak  terlihat.

Bersambung....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar